Friday, March 25, 2016

BERLIBUR KE PULAU TIDUNG (Bahasa Indonesia 2# )

Siapa yang tidak kenal dengan pulau tidung, pulau tidung adalah bagian dari kepulauan seribu DKI Jakarta dan terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang indah serta jembatan cinta nan cantik yang menghubungkan pulau tidung besar dan pulau tidung kecil.

Pagi itu, pukul 05.30  saya dan teman-teman berangkat dari depok menuju dermaga muara angke dengan angkutan umum yang kami sewa, melintasi jalan jalan kota Jakarta yang mulai padat dengan aktivitas warga kota jakarta yang tidak pernah henti. Sesampainya di pintu masuk dermaga muara angke. Keadaan dermaga muara angke saat itu sangat memprihatinkan dan sangat jauh dari kebersihan, belum lagi genangan air bekas limbah penjualan ikan ada disetiap sudut jalan, bau amispun takkan bisa terelakan.

Transportasi ke Pulau Tidung
Waktu tempuh mencapai Pulau Tidung tidak terlalu lama. Dengan menggunakan kapal dari Muara Angke, Jakarta, waktu yang diperlukan sekitar 2-3 jam. Jadwal kapal menuju Pulau Tidung sekitar pukul 07.00 WIB, jadi jangan sampai terlambat agar Anda tidak ditinggal. Karena perjalanan melalui air, maka Anda tidak akan dibosankan oleh kemacetan yang biasa terjadi di jalan-jalan darat menuju tempat wisata yang biasa terjadi pada musim liburan. Selain itu, untuk menikmati semua keindahan ini, biaya yang diperlukan tidak terlalu besar sehingga tidak perlu menabung lama untuk berkunjung ke Pulau Tidung. Biaya naik perahu menuju Pulau Tidung sebesar Rp 33.000 per orang. Namun disini kami telah membayar penuh paket wisata yang telah kami bayar sebesar Rp. 300.000 kepada seseorang yang bernama pak Beri.

Fasilitas Pulau Tidung


Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Tidung antara lain bersepeda mengelilingi pulau, pantai atau menyusuri Jembatan Cinta. Sepeda yang disewakan dengan harga Rp 15.000,- per hari memungkinkan Anda berpuas-puas mengelilingi pulau ini. Tidak ada mobil di pulau ini sehingga jalan-jalan yang ada diantara rumah-rumah penduduk bukanlah jalan yang lebar. Rumah-rumah sederhana milik penduduk, tanaman-tanaman yang ada di depan rumah, tumbuhan rimbun di sisi jalan dan pohon kelapa di sekitar pantai menciptakan suasana berbeda dari perkotaan. Aktivitas yang menyenangkan sekaligus sebagai sarana membugarkan tubuh yang letih.

Banana Boat dan kano merupakan permainan air yang dapat dicoba di sekitar pantai Pulau Tidung. Berenang di dekat pantai dengan anak-anak akan membuat anak-anak menikmati rekreasinya. Pantai yang dangkal dan airnya yang bersih layak menjadi tempat main untuk anak.


Snorkeling merupakan kegiatan yang tepat dilakukan di pantai Tidung. Airnya yang jernih membuat kita dapat melihat aneka makhluk hidup yang ada di bawah air beserta terumbu karang yang ada. Jika tidak membawa peralatan snorkeling, Anda dapat menyewanya dengan harga Rp 35.000,-. Untuk menikmati pemandangan yang lebih indah, Anda dapat menyewa perahu agar dapat mencapai beberapa spot bawah laut yang indah. 


Setelah puas snorkeling, kami segera kembali menuju dermaga, kami pun melanjutkan bersepeda menuju pantai sekitar jembatan cinta yang ramai dengan wisatawan yang berwisata di pulau ini. Setelah cukup bermain dipantai, kami pun berjalan menuju jembatan cinta yang saat itu sedang ramai dengan wisatawan yang sedang menikmati keindahan pulau tidung, sedang disisi lain beberapa wisatawan yang bernyali melakukan aksi lompat dari jembatan cinta ke bawah laut dengan ketinggian sekitar 8 meter, kamipun tak ingin ketinggalan melakukan aksi yang sedikit ekstrim itu.


Waktu pun semakin sore, kami bergegas menuju homestay untuk bersih bersih diri dan mengganti pakean kami yang basah, saat malam tiba, kami gunakan untuk kumpul bersama sambil menikmati makan malam seadanya. karena terlalu lelah dengan aktivitas seharian, tak banyak yang kami lakukan di malam hari kecualin untuk BBQ di pinggir pantai. Menikmati ikan bakar dan makanan laut lainnya sambil ditiup udara malam pantai yang sejuk dan debur ombak pasti akan membuat selera makan bertambah

Dipagi hari setelah puas mengeksplore pulau tidung, kami pun bergegas menuju dermaga pulau tidung umtuk kembali ke muara angke dengan kapal ferry yang sudah siap untuk diberangkatkan.

Pendapat teman saya mengenai pulau tidung
R : Bagaimana menurut kamu tentang pulau tidung?
Y :Pastinya indah sekali sob, gak nyesel berlibur kesini pantainya yang indah dan terumbu karangnya juga bagus.
R : Kalau begitu kapan-kapan kita harus kesini lagi, lo mau?
Y : Pastinya gue mau sob.


0 comments:

Post a Comment