Saturday, October 11, 2014

TUGAS 2 TEORI ORGANISASI UMUM 1 #

ORGANISASI YANG ADA DI LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH

Assalamualaikum Wr. Wb

Kali ini saya akan memberi tahu tentang apa saja organisasi yang ada di sekitar lingkungan tempat saya tinggal. Organisasi yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal biasanya merupakan organisasi sederhana dan terkadang ada juga organisasi yang cukup besar. Kali ini saya akan memberitahukan beberapa organisasi tersebut yaitu.

Pertama adalah “DESA/KELURAHAN”, yaitu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yurdiksi.Pemerintahan desa dipimpin oleh kepala desa yang di bantu oleh perangkat desa. Kepala desa dipilih langsung oleh masyarakat desa tersebut. Perangkat desa terdiri atas sekretaris desa dan perangkat desa lainnya atau staf desa lainnya. Kedua adalah “KARANGTARUNA”, yaitu organisasi para pemuda atau remaja yang ada di suatu tempat seperti perumahan dan desa atau kelurahan. Karang taruna berfungsi sebagai wadah pembinaan para pemuda yang berusia produktif yang tinggal di daerah yang di tempatinya tersebut. Tugas utamanya berkaitan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti kesenian, olahraga, bakti sosial, kegiatan seperti perlombaan, dan acara-acara lain yan berhubungan dengan kegiatan pemuda yang dapat mendidik. Dan yang ketiga yaitu “REMAJA MASJID” adalah suatu organisasi sederhana yang anggotanya biasanya relatif para pemuda yang melakukan ibadah  di masjid atau musholah dan kegiatan-kegiatan dilingkungan Masjid, organisasi ini menurut saya sangat penting karena dalam hidup ini kita bukan hanya memikirkan kehidupan dunia saja tetapi kita harus juga memikirkan kehidupan kita untuk di akhirat, pada organisasi ini para pemuda akan belajar tentang kegiatan-kegiatan sosial, belajar menjadi manusia yang memiliki akhlak mulia, dan menjadikan mereka pemuda yang aktif pada kegiatan-kegiatan keagamaan. Tujuan utama dari para remaja masjid ini adalah Mengadakan kajian kajian keagamaan dan ilmiah, dan mengadakan pengajian-pengajian pada tiap minggunya atau tiap bulannya jika ada, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Sebagai masyarakat yang baik kita dapat bergabung dengan organisasi kemasyarakatan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.  Jika tidak bergabung pun kita bisa turut mensukseskan program-program kerja organisasi masyarakat yang ada dengan memberikan dukungan materiil maupun imateriil. Itulah organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal saya.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment