Jenis Keputusan dalam
sebuah organisasi dapat digolongkan berdasarkan banyaknya waktu yang diperlukan
untuk mengambil keputusan tersebut. Bagian mana organisasi harus dilibatkan
dalam mengambil keputusan, dan pada bagian organisasi mana keputusan tersebut
difokuskan.
Secara garis besar
keputusan digolongkan ke dalam keputusan rutin dan keputusan yang tidak rutin.
Keputusan rutin adalah keputusan yang sifatnya rutin dan berulang-ulang, dan
biasanya telah dikembangkan cara tertentu untuk mengendalikannya. Keputusan
tidak rutin adalah keputusan yang diambil pada saat-saat khusus dan tidak
bersifat rutin. Dalam mengambil keputusan, baik yang bersifat rutin maupun
tidak, ada dua metode yang digunakan. Metode pertama adalah metode tradisional,
dimana pengambilan keputusan lebih berdasarkan pada intuisi dan kebiasaan.
Metode yang kedua adalah metode modern, dimana pengambilan keputusan didasarkan
pada perhitungan matematis dan penggunaan instrumen yang bersifat modern, seperti
komputer dan perhitungan statistik.Pengambilan keputusan berdasrkan metode ada
2, yaitu tradisional dan modern. Pengambilan keputusan secara garis besar ada
2, yaitu rutin dan tidak rutin.
Menurut saya pengambilan
keputusan dibutuhkan ketika kita memiliki masalah yang harus diselesaikan
dengan memuaskan. Situasi masalah tersebut yang menjadi masukan pertama dalam
sistem pembuatan keputusan. Pengambilan keputusan yang efektif adalah hal yang
harus kita lakukan dalam memecahkan suatu masalah. Pengambilan keputusan dengan pengetahuan, pengalaman, dan
data yang diperoleh atau dikumpulkan berkaitan dengan masalah. Merupakan acuan
kita untuk memutuskan suatu masalah sehingga dapat disaelesaikan dengan baik
dan memuaskan.
0 comments:
Post a Comment